Official Blog Of Rayhan Abdul Majid explore about all education for your life

Sabtu, 16 Februari 2013

SEJARAH DAN MARAKNYA MAKANAN CEPAT SAJI DI INDONESIA


OLEH : Rayhan Abdul Majid       

      Pada zaman modern ini sering kali kita menemukan hal-hal baru yang berasal dari luar negeri, sebut saja makanan cepat saji yang sering kita lihat di berbagai tempat. Maraknya makanan cepat saji di Indonesia berawal dari kebiasaan budaya Orang-orang Eropa dan Amerika yang menginginkan makanan yang praktis dan mudah dibuat. Berbagai penemuan terhadap makanan cepat saji sudah dibilang sangat banyak dan popular, berikut adalah beberapa sejarah makanan cepat saji di dunia.

 

Beberapa Sejarah Makanan Cepat Saji Di Dunia


HOT DOG

       Pada 1867, Charles Feltman, seorang tukang daging Jerman, membuka tempat penjualan hot dog pertama di Coney Island di Brooklyn, New York City.


 Itulah cikal bakal dari Hot Dog, makanan yang terbuat dari dua buah roti panjang yang menyelimuti daging berbentuk tabung  dan dicampur dengan beraneka sayuran serta saus tomat dan mustard.




HAMBURGER
      Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.



     Sejarah Hamburger berawal dari bangsa Tartar dari Azerbaijan yang menghidangkan makanan untuk para pelaut Eropa. Sebelumnya daging hamburger tidak dimasak dahulu, namun karena bangsa Eropa menganggap dirinya terhormat mereka lalu memasak dahulu dagingnya. Setelah itu pelaut Eropa membawa makanan tersebut ke Kota Hamburg di Jerman. Sejak saat itu ‘Hamburger’ disebar luaskan keseluruh dunia, termasuk Indonesia.

KENTANG GORENG
Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.



Sejarawan Belgia bernama Jo Gerard menyatakan bahwa resep kentang goreng french fries sudah ada di Belgia sejak tahun 1680. Pada waktu itu, penduduk miskin di daerah lembah Sungai Meuse antara Dinant and Liège mempunyai kebiasaan makan ikan kecil yang digoreng. Di musim dingin ketika tidak tersedia ikan karena sungai yang membeku, mereka menggoreng kentang yang dipotong-potong sama panjang.  Dan awal maraknya kentang goreng adalah ketika tentara Inggris mencicipi kentang goreng dan mereka tertarik dengan rasanya yang gurih dan mengenyangkan.
   
    Makanan cepat saji mulai marak di Indonesia sekitar tahun 1980-an. Dimulai dengan adanya Kentucky Fried Chicken, lalu disusul dengan McDonald dan lain-lain. Karena persaingan yang ketat restoran-restoran makanan cepat saji itu menyajikan banyak kelebihan dari produksinya.

·         Beberapa contoh mengapa maraknya makanan cepat saji :

  • ·         Pelayanan yang cepat dan ramah: makanan dapat disajikan dalam hitungan menit
  • ·         Nyaman, fast food outlet biasanya berlokasi di pertokoan, shopping center yang besar dengan tempat parkir yang mudah dan luas.
  • ·         Desain interior dan eksterior restoran yang menyokong
  • ·         Promosi yang menarik dengan pemberikan hadiah, gimmick yang menarik bagi kaum muda
  • ·         Kebersihannya terjamin.



Berikut adalah alasan mengapa makanan cepat saji banyak dipilih oleh masyarakat luas. Karena selain praktis dan lezat rasanya. Makanan cepat saji juga mengerti akan kepuasan konsumennya.

SOURCE :
  •  wikipedia.org 
  •  edicineforthesoul.multiply.com
  •  google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar